Minggu, 13 Maret 2011

Cara jitu sebelum menghadapi ujian SNMPTN



Untuk sebagian besar pelajar khususnya anak kelas XII lulus SNMPTN merupakan hal yg sangat wajib (jiah wajib kaya sholat fardhu aje). Tidak di pungkiri sih, SNMPTN bahkan tidak kalah penting nya dengan Ujian Nasional Atau pun Ujian sekolah, bahkan banyak yang mengatakan bahwa SNMPTN adalah ujian yang sesungguhnya, (Termasuk saya). Hehehe. Dari pengalaman saya yang sebelumnya ada beberapa cara jitu yang bisa kita lakuin buat ngehadapi SNMPTN.
Saya akan mengshare cara jitu agar lulus SNMPTN. Semoga saja cara yang saya berikan ini memang benar-benar jitu bagi adik-adik. “kaya udah tua banget ya???” hehehe.
Jangan banyak cingcong deh ne cara-ane dulu sebelum melangsungkan pernikahan, eh Ujian SNMPTN maksudnya.
  1. Persiapkan Mental. Maksudnya kita harus yakin dan optimis 100% bahwa kita bisa, kita mampu.  Karena setelah saya mencari kesana kemari, jika kita sudah mengatakan “tidak bisa”, “susah” atau sejenisnya maka secara tidak sadar kita telah berkomunikasi dengan otak kita. Kita telah memerintahkan otak untuk tidak mengerti atau menuruti kehendak negatif kita. Namun dilarang keras untuk optimis yang berlebihan, sebab jika kalian optimis berlebihan yang ada justru adanya beban. Nah kalau beban udah nongol tu, waduh sulit sob buat kita untuk mikir. Ok??? Lanjut.
  2. Olahraga dan Makan. “huh, apa maksudnya?” mungkin yang satu sering saya jumpai bagi diri saya.hahaha.  Tanpa adanya kesehatan atau tubuh yang fit bagaimanapun juga kita pasti tidak akan bisa belajar dengan penuh konsentrasi dan efesiensi tinggi. Karena dengan olahraga dan makan yang teratur kita bisa hidup sehat dan belajar dengan maksimum. Ngarti kan, makan perlu dijaga loh sob!
  3. Kurangi  Hal-hal yang kurang Perlu. Maksudnya kita harus mulai menambah porsi belajar kita dengan mengurangi hal-hal yang tdak perlu seperti menonton TV, Game, bahkan Pacaran. Namun meski menambahi kita jangan terlalu menambahi yang over, karena kalau kita terlalu sering belajar yang ada malah stres, gak jadi deh lulus PTN kalau udah streess.
  4. Orang Tua dan Kerabat. Jika kita ingin benar-benar lulus, dekatilah orang tua kita mintalah kepada mereka restu dan doa dalam menghadapi tes-tes yang akan kita hadapi, karena doa orang tua terhadap anak itu benar2 ajaib, canggih, dan super. Untuk kerabat, sudah saatnya kita mendekati “mereka” yang sudah rajin, karena jelek-jeleknya kita akan tertular kebiasaan positif mereka.
  5. Sikap. Ya! yang dimaksud sikap di sini adalah sikap kita, apakah kita serius atau tidak? yang terpenting dari semua tips ini kita melakukan semuanya secara berkala dan konsisten. Dengan cara seperti ini, kita sudah melangkah membangun mental juara kita.
  6. Cari Motivator! Nah ini dy suatu yang sering dilupakan oleh para peserta ujian SNMPTN, MOTVATOR, kenapa penting, tanpa Motivasi seseorang kalian gak akan bisa PeDe, Optimis, dan spirit yang besar. Motivator boleh siapa saja, boleh pacar, orang tua, guru bahkan tukang ojek sekalipun. Lalu jangan pernah kalian mengatakan bahwa kalian akan mengikutu UJIAN SNMPTN kepada orang-orang yang biasanya suka menjatuhkan anda dengan kata-katanya.  Dalam waktu yang sangat-sangat singkat belajar bukan hal yang efektif. Hanya motivasi lah yang kalian buthkan. Ok?? Jangan lupa MOTIVATOR tuh dah berapa kali ane nybutnya sob. Hehehe.
  7. Doa dan Tuhan. Sekeras apapun usaha kita jika tuhan tidak menghendaki, kita tidak akan pernah bisa. Jadi mulai saat ini marilah kita pebanyak doa dan ibadah kepada Tuhan kita, memohon agar kita diberi kemudahan dan kelancaran. Memohon agar kita senantiasa diberi kesehatan.
  8. Mawas diri dan mengenal medan yang akan kita hadapi  ini ne yang penting banget buat kalian-kalian pada. Kalian musti, harus, wajib, kudu mawas diri. Maksudnya gini kita mengambil jurusan yang kira-kira jurusan tersebut bisa atau mau menampung kita sesuai dengan kemampuan yang kita punya, contoh ni sob, kalau kalian kira-kira nggak bakalan nyangkut di FK ngarti nggak FK??? Hehehe. Ngarti lah pasti anak kls XII kok ngga ngarti FK, halah malah ngelantur, balik lagi. Kalau kalian nggak bakalan nyangkut di FK jgn ambil FK, ambil lah kira-kira jurusan yang setidaknya peminatnya lebih sedikit. Atau kira-kira jurusan kira-kira anda bisa bersaing dengan pesaing2 anda. Buat mudah aja ni, seandainya kalian anak IPS ngga usah lah kalian ambil FK atau teknik, SNMPTN ngga nerima tu orang-orang yang Cuma pake ajian mungkin aje, hmmmm. Nah maksudnya mengenal medan yg akan kita hadapi disini itu adalah kalian harus mengerti betul kira-kira fakultas yang tahun-tahun sebelunya kurang diminati, itulah guna passing grade. Tapi meski begitu, kalian jangan pernah mengorbankan cita-cita kalian hanya demi PTN takutnya ntr kalian minat banget ke FH, tapi karena FH banyak peminat jadi kalian pilih FSIP ntu salah lg,

ok sob??? Ngarti gak??? Kalu kagak tanya aja, klu bisa ane jawab, insya allah ane bantu. Tapi kalau bantu ngerjain soal SNMPTN maaf2 aje ane kagak bisa sob, ntr mlh dapet masalah ama diknas lg. hehehehe

1 komentar:

  1. makasih tipsnya ya bang... Do'akan smoga saya lolos snmptn 2012,.. oh iya kadang2 saya susah cara memaksimalkan belajar, karena saya orangnya pelupa, ada saran??? Plis kasih saran di sini bang e-mail : tarielpea@gmail.com
    FB : Tary Elpeacasperr
    Twitter : @taariel29

    BalasHapus